Monday, May 13, 2013

Mukena Kini Makin Trendy, Namun Tetap Syar’i




Menurut pengertian banyak orang, terutama di Indonesia, mukena (rukuh) dikenal sebagai busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim yang berupa kain yang menutup (menyelubungi) seluruh badan secara longgar, kecuali wajah dan telapak tangan.
Istilah mukena sendiri berasal dari bahasa Arab : muqna’ah yang bentuknya lebih mirip kerudung – kain yang menutup kepala, leher hingga dada wanita – hanya lebih panjang.  Padahal sebenarnya tidak ada pakaian khusus yang digunakan untuk shalat.  Pakaian untuk shalat adalah pakaian yang bersih dari najis (noda/kotoran) dan menutup aurat, baik untuk laki-laki maupun perempuan.  Khusus untuk perempuan, tidak hanya menutup aurat, tapi juga longgar (lapang), tidak membentuk tubuh dan hanya menyisakan wajah dan telapak tangan hingga pergelangan yang boleh diperlihatkan, atau lebih dikenal dengan istilah jilbab.
Umumnya di Indonesia, ada 3 jenis mukena yaitu one piece (terusan), abaya (gamis) dan two piece (berupa jilbab panjang dan rok longgar).  Dan seiring perkembangan di bidang industri tekstil, maka mukena mulai ditampilkan dalam berbagai jenis kain dengan warna dan corak lebih beragam mengikuti tren yang dinamis. 
Salah satu pengemasan tren mukena adalah konsep distro, dimana mukena di produksi secara terbatas (limited) sehingga lebih berkesan eksklusif.  Satu motif atau desain hanya diproduksi maksimal 3 pcs, bahkan untuk produk Limited Edition hanya ada 1 pcs! 
Perlengkapan ibadah muslimah dengan label Mukena Distro ini, dibuat dengan konsep Hand Mate, dibuat oleh tangan yang sudah terampil dan terlatih.  Jahitan yang rapi merupakan jaminan dari produk ini.  Pada tepian kain tidak menggunakan teknik obras, namun dijahit cukup rapi sehingga kain tidak akan terurai dan terlepas, dengan kata lain, kualitasnya terjaga.
Mukena Distro dibuat dari bahan katun yang ringan (jatuh) dan tidak panas, dikemas dalam tas cantik yang didesain dan dirancang secara eksklusif, sepadan dan senada dengan mukenanya.  Tampilan mukena menjadi lebih elegan, anggun, berkelas sekaligus penuh gaya.  Desain tasnya dirancang sebagaimana tas pesta, sehingga sekaligus berfungsi untuk mendukung penampilan formal, saat harus menghadiri acara resmi bahkan banyak juga dipakai sebagai kado pernikahan atau sebagai mahar (seserahan) pernikahan.
Mukena Distro juga mengakomodir tren saat ini, berupa mukena ‘couple’ untuk ibu dan putrinya.  Jadi tidak hanya dari kalangan anak muda yang cenderung dinamis dan penuh gaya dalam berbusana muslimah, para ibu dan gadis-gadis cilik pun dapat menggunakan mukena distro yang trendi, modern namun tidak meninggalkan prinsip-prinsip syar’i.
Koleksi Mukena Distro yang selalu hadir dengan desain baru, cantik dan terbatas sudah bisa didapatkan di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Yogyakarta, Solo, Medan, Aceh, Palembang, Riau, Lampung, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Sengkang, Surabaya, Pacitan, Jember, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Jepara dan Semarang. Untuk melihat jenis-jenis produknya, dapat bergabung di akun Facebook : Mukena Distro,  Twitter : @Mukena_Distro atau website http://www.mukenadistro.com.

(by Okie Noor)

No comments: