Monday, March 11, 2013

Veronica Ratna, Woman Marketer Masa Kini



Jasa yang paling dibutuhkan oleh setiap pebisnis adalah KONSULTASI MARKETING.  Karena, tanpa campur tangan ahli pemasaran, maka secanggih apapun suatu produk, tidak akan tersampaikan secara maksimal kepada customer.  Hingga saat ini, populasi konsultan marketing di Indonesia masih didominasi oleh kaum pria.  Padahal, kaum wanita justru sangat dekat dan paling paham dengan dunia marketing, namun belum banyak yang menekuni jasa konsultasi marketing ini.

Adalah seorang Veronica Ratna Ningrum, yang namanya mulai banyak dikenal sebagai seorang konsultan marketing dengan reputasi yang sangat cemerlang dalam dunia bisnis di Indonesia.  Namanya mulai diperhitungkan dalam arena bisnis semenjak dia sukses dalam meningkatkan angka penjualan dari sejumlah kliennya.  Meskipun Veronica baru terjun di bidang jasa konsultasi pemasaran ini di tahun 2006, namun kepiawaiannya dalam hal strategi pemasaran terbilang sangat unik dan progresif.  Bahkan, beberapa bank asing dan lokal yang selama dua tahun ini menggunakan jasanya, menuai sukses saat me-launching programnya.

Meskipun terbilang masih muda dengan semangat yang menyala, namun ketika berhadapan dengan klien, Veronica mampu bersikap sebagai profesional atau mentor yang sudah fasih dengan dunianya.  Jadi tidak heran, karena dia sudah menekuni dunia ini sejak lama, bahkan memperkaya ilmunya hingga ke Amerika Serikat.

Veronica sudah terbiasa mencari uang sendiri sedari kecil, dengan cara berjualan pada teman-temannya.  Dari usia sekolah dasar itulah jiwa wirausahanya bertumbuh dan semakin berkembang ketika dia menemukan kesenangan tersendiri dalam bidang marketing.  Oleh karena itu, sekembalinya dari kuliah di Amerika, Veronica memutuskan untuk menekuni bidang konsultasi  marketing secara total.

Debut Veronica dalam mempraktekkan keahliannya adalah bersama Vey Katering, sebuah perusahaan jasa boga yang dirintisnya.  Berawal dari itu, dia mulai melangkah lebih maju dengan menangani sejumlah klien lain di bidang jasa boga.  Kemudian dia melebarkan sayap pada segmen bisnis perbankan, yang dulu merupakan titik awal karirnya sebelum menjadi konsultan marketing yang mandiri.

Veronica juga dikenal sebagai motivator bisnis.  Dia dikenal sebagai sosok yang all out ketika menyampaikan ilmu dan trik-trik pemasaran.  Bukan hanya berupa konsep, tapi juga memberikan solusi dan teknik eksekusi yang tepat pada setiap masalah yang dihadapi kliennya.  Dengan dedikasi totalnya, tidak heran jika kliennya merasa puas dengan jasa Veronica, dan kepiawaiannya mulai tersebar dari mulut ke mulut. Satu demi satu klien berdatangan, dan Veronica semakin mantap menempatkan dirinya dalam jajaran konsultan marketing.

Tidak muluk sebenarnya mimpi besar dia. Veronica hanya ingin memberi kontribusi secara nyata bagi dunia marketing di Indonesia.

No comments: