Posisi
marketing dalam sebuah bisnis tidak boleh tidak harus dipegang oleh orang yang
luwes dalam berinteraksi, memiliki soft
skill yang bagus, baik dalam soal bisnis maupun hubungan sosial. Hal itu disebabkan karena marketing merupakan
bagian terpenting dari sebuah usaha atau bisnis, sebagai garda terdepan untuk
kelangsungan hidup sebuah usaha.
Keluwesan
dalam berinteraksi biasanya lebih baik dilakukan oleh seorang wanita, namun di
Indonesia posisi ahli marketing sebagian besar masih didominasi oleh pria. Jarang
terlihat marketer wanita yang menonjol dan diperhitungkan kiprahnya. Padahal
sebenarnya, kebanyakan wanita yang lebih mendominasi dalam dunia marketing.
Ahli marketing wanita biasanya memiliki kepekaan membaca peluang pasar,
keluwesan berinteraksi secara sosial, serta memiliki kemampuan dalam menentukan
sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk sebuah produk. Hal inilah yang
membuat wanita memiliki peluang besar untuk tampil ke permukaan sebagai ahli
marketing.
Veronica Ratna Ningrum
adalah salah seorang WomanMarketer yang berhasil membuktikan, bahwa sentuhan
kreatif wanita mampu memberi warna lain dalam pemasaran produk. Kepiawaiannya
merancang suatu konsep strategi pemasaran dan mengeksekusi strategi pemasaran,
mengantarnya menjadi seorang WomanMarketer Indonesia yang mulai diperhitungkan.
Menurut
Veronica, sentuhan seorang WomanMarketer akan memberikan nuansa yang khas,
sebab biasanya wanita lebih tekun dan detil, serta lebih luwes dalam
memperkenalkan produk yang dijual. Sementara bagi Veronica sendiri, selain
diuntungkan oleh keluwesannya dalam berinteraksi dengan klien maupun orang
lain, dia juga diuntungkan oleh dedikasinya saat menggarap strategi pemasaran
sebuah produk. Tidak ada istilah setengah-setengah bagi Veronica, ketika dia
mengerjakan sebuah proyek bagi kliennya. Veronica menempatkan kepuasan konsumen
di atas segalanya. Baginya, konsumen harus diperlakukan sebagai raja. Dan
sebagaimana layaknya seorang raja, mereka harus mendapatkan perlakuan istimewa.
Veronica menambahkan, layanan terbaik bagi klien tidak saja menyangkut soal kualitas
produk, namun juga sikap. Seorang marketer perlu memahami cara memperlakukan
orang lain dengan baik dan membuat mereka merasa nyaman. Marketer yang baik
juga bertindak sebagai problem-solver, yang mampu membuat keputusan
serta menyediakan solusi jika terjadi masalah di lapangan.
Demikianlah
sentuhan Midas ala Veronica, sang WomanMarketer bermasa depan cerah ini, dalam
menyediakan solusi bagi strategi marketing bagi setiap kliennya.
Personal Branding Agency, Indscript Creative
No comments:
Post a Comment