Setengah
delapan pagi saya sudah berada disini, meski masih terlalu pagi, namun suasana
kedai Starbuck sudah cukup ramai. Saya
menunggu seseorang sembari menikmati aktivitas menulis. Kurang lebih jam sembilan, pandangan saya
terpaku pada satu sosok pria yang berjalan memasuki pintu Starbuck. Saya memastikan bahwa dia adalah Razi Thalib yang sudah saya tunggu
kedatangannya. Pria tersebut membalas
senyum saya dengan ramah dan berjalan mendekati tempat saya duduk.
Tak
lama kemudian, pria muda ini berkisah tentang dirinya yang baru tiga tahun
tinggal di Indonesia, sebelumnya dia telah sukses berkarir di luar negeri. Banyak pengalamannya dalam bidang Digital
Engagement yang dia cintai yang dia
bagi. Razi Thalib adalah seorang
konsultan dan pengusaha, dengan pengalaman tujuh tahun di industri media
digital di Australia, khususnya untuk bidang Manajemen Produk, Strategi, dan
Pemasaran. Razi memutuskan untuk kembali ke Indonesia, karena merasa negara
tempatnya dilahirkan memiliki peluang besar untuk berkembang.
“Bidang
Media Digital memiliki prospek sangat bagus di sini, dan saya ingin berbagi
lebih banyak tentang pentingnya pemahaman media digital untuk membangun sebuah
bisnis dalam jangka panjang,” ujarnya. Pendiri
dan pemilik Bridges and Balloons, sebuah agensi media digital di
Jakarta, menyediakan sarana pendukung penuh, terutama bagi para pebisnis
pemula. Dengan ditopang oleh sumber daya yang handal, agensi media digital ini
membantu para pemilik bisnis untuk bisa mengembangkan bisnisnya secara positif
melalui penggunaan teknologi digital.
Pilihannya
untuk menjadi entrepreneur – bagi Razi sendiri – diawali oleh keinginannya
untuk intens dan fokus pada dunia digital.
Setelah sukses membangun sistem media digital bagi Zalora Indonesia dan
meningkatkan pertumbuhannya hingga 40% dalam waktu setahun, Razi mulai menoleh
pada peluang untuk mengembangkan proyek-proyek yang menarik perhatiannya. “Saya
ingin mengerjakan proyek-proyek yang saya senangi, dan mengembangkan sistem
digitalnya agar bisa berkembang terus dalam jangka panjang,” ujarnya.
Sejumlah
proyek yang sukses dia tangani antara lain adalah proyek pembuatan media
digital bagi “Gerakan Indonesia Mengajar”. GIM adalah program untuk mengisi
kebutuhan dalam dunia pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di
pelosok yang tak terjangkau fasilitas sekolah dan guru yang memadai. Dengan dukungan
sarana digital yang diciptakan oleh Razi, program ini semakin sukses dalam
mengembangkan misinya untuk menyediakan materi pendidikan dan tenaga pengajar
berkualitas tinggi bagi anak Indonesia.
Salah
satu kiat Razi dalam mengembangkan sebuah bisnis melalui dukungan perangkat
sistem digital, adalah dengan menggunakan konten yang rinci, namun sekaligus
mudah dicerna dan menyenangkan. Konten yang disukai pelanggan, menurut Razi,
adalah yang mampu menyajikan hal serius menjadi ringan dan menarik tanpa kehilangan
esensinya. “Kalau kontennya fun, para pelanggan dengan senang hati akan share,
twit, klik “Like”, join, komen, dan sebagainya. Termasuk tentu saja
membeli produk dengan wajah penuh senyuman. Oh ya, saya juga sekarang sedang
mengembangkan www.setipe.com, bagi Anda yang sedang mencari
jodoh, bisa mengakses situs ini,” tutur Razi Thalib di akhir percakapan.
No comments:
Post a Comment